Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung

Authors

  • Adi Suparwo Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Riris Roisah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ani Solihat Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Fitriyani Fitriyani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Digital Marketing Social Media STP boarding house rental business

Abstract

Pemasaran online atau sering disebut juga digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang paling popular digunakan saat ini oleh semua pelaku usaha. Karena dengan bantuan teknologi tersebut akan memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan usahanya tanpa batasan ruang dan waktu dan dapat menjangkau bayak calon pelanggan di beragai wilayah di Indonesia. Hal tersebut berlaku juga bagi usaha sewa kost. Sehingga tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan praktek pembuatan akun platform media social dan website kepada mitra untuk mengembangkan usaha sewa kost. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, studi literatur, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan evaluasi. Sebelumnya dilakukan terlebih dahulu analisis pasar dengan menggunakan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) agar bisa mengetahui bentuk pemasaran online yang tepat. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada mitra mengalami perubahan dari beberapa aspek meliputi pengetahuan tentang pembuatan akun media sosial yang terdiri dari Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok dan Email kemudian Website. Selanjutnya akun sosial media dan web mitra sudah banyak dikunjungi calon pelanggan. Dan Kosan sudah terisi penuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cheren, & Haryanto, H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM KuroKoci Meow & Woof. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1340–1351.

Isnawati, D. M., & Sudrajat, R. H. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Koseeker Dalam Upaya Menarik Minat Penyewa Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Proceeding of Management, 8(5), 6729–6736.

Nugraha, A., Rahmadania, A. R., & Duari, M. P. (2022). Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Opak Singkong Melalui E- Commerce. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 883–888.

Paembong, S., Nurqamarani, A. S., & Soegiarto, E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Rumah Kos Di Samarinda. Research Journal of Accounting and Business Management, 3(1), 114–131. https://doi.org/10.31293/rjabm.v3i1.4220

Sudaryanto, S., & Hanim, A. (2022). PENERAPAN KOMBINASI SEGMENTING TARGETING DAN POSITIONING (STP) DAN STRATEGI DIGITAL PROMOTION GUNA MENINGKATKAN BRAND IMAGE JASA KOS MUSLIMAH VIDINI. E-Prosiding Kolokium Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 35, 22–30.

Suparwo, A. (2022). Effect Of Online Promotion, Price And Brand Image On Purchase Decisions For Neosaipress Herbal Products. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 2469–2474.

Suparwo, A., & Amran, A. (2020). Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Pada Bimbel Smart Club. Jurnal Sosial Dan Abdimas, 2(2), 6–11.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Suparwo, A., Roisah, R., Solihat, A., & Fitriyani, F. (2023). Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1634-1642. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/652