Panduan Penulis

Jurnal Sains dan Teknologi adalah bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Sains dan Teknologi. Jurnal Sains dan Teknologi merupakan wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis dibidang Sains dan Teknologi komputer.

FORMAT UMUM PENULISAN

  1. Template Jurnal Sains dan Teknologi mengikuti IEEE style. Naskah diketik pada kertas berukuran standar A4 (21 cm × 29.7 cm) dalam format dual kolom.
  2. Margin 20mm, 20mm, 20mm (Left-top-right-bottom), menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10pt dengan rata kiri kanan.
  3. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dengan panjang naskah minimal 8 halaman.
  4. Halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut.
  5. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut. Judul tabel harus merepresentasikan isi tabel dan gambar yang ditulis dengan rata tengah. Sumber Tabel dan Gambar harus dicantumkan.

SISTEMATIKA PENULISAN

1. JUDUL

Judul harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah. Penulisan sub judul atau studi kasus harus dihindari. Penulis mencantumkan nama, asal institusi, dan alamat e-mail di bawah judul. Gelar akademik tidak perlu dicantumkan. Jika artikel ditulis oleh lebih dari satu penulis, maka nama penulis yang menjadi corresponding author harus dinyatakan secara jelas, Ukuran Font 16pt

2. ABSTRAK DAN KATA KUNCI

abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia (150-250 kata) dilengkapi dengan kata kunci (3-5 kata kunci); Abstrak memuat ringkasan mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris 150-250 kata dan diikuti dengan penulisan kata kunci dalam bahasa Indoensia dan Inggris. Kata kunci terdiri dari 3 –5 suku kata yang mencerminkan konsep-konep penting yang digunakan dalam artikel.

3. PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi latar belakang, dan tujuan atau ruang lingkup, identifikasi masalah, dan metode penelitian yang dijelaskan secara implisit.

4. METODE PENELITIAN

Bagian ini berisi rancangan penelitian atau desain penelitian yang mencakup model penelitian, prosedur pengambilan sampel, defenisi operasional dan pengukuran variable, Teknik pengumpulan data, dan Teknik analisis yang digunakan.

5. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan hasil penelitian yang dijabarkan secara detail, jelas dan terurut. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel, grafik atau ilustrasi lain dan disertai dengan pembahasan yang disajikan secara terstruktur dan sistematis. Uraian performansi, kelemahan, dan kelebihan dari hasil penelitian harus dijelaskan.

6. PENUTUP

Bagian ini menyakikan pendapat penulis berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang dilakukan. Kesimpulan menjawab hipotesis, maksud, dan tujuan penelitian. Selain itu, kesimpulan menyajikan pernyataan singkat tentang pentingnya temua yang diperoleh dan implikasinya di masa depan.

7. REFERENSI

Penulisan sitasi diberi nomor secara berurutan dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10pt dengan model IEEE Style [1]. Jika dalam satu kalimat menggunakan lebih dari satu sitasi maka dituliskan dengan model “[1], [2]” atau “[1-5]”. Berikut adalah format standar referensi dengan IEEE style. [1] G. Eason, B. Noble, and I. N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” Phil. Trans. Roy. Soc. London, vol. A247, pp. 529–551, April 1955. (references) [2] J. Clerk Maxwell, A Treatise on Electricity and Magnetism, 3rd ed., vol. 2. Oxford: Clarendon, 1892, pp.68–73.

PENGIRIMAN ARTIKEL

Artikel dikirimkan melalui Jurnal SAINTEK :

1. Tidak Memiliki Akun SAINTEK? Klik Disini

2. Sudah Memiliki Akun? Klik Disini

PEROSES REVIEW

1. Proses review tahap pertama dilakukan oleh editor Jurnal Sains dan Teknologi dan jika dinyatakan lolos akan dilanjutkan kepada dewan penyunting.

2. Proses review tahap kedua dilakukan oleh dewan penyunting secara blind review dengan kemungkinan hasil sebagai berikut: Diterima tanpa perbaikan, Diterima dengan perbaikan (minor atau mayor), atau Ditolak.