PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM REKOMENDASI SUBSIDI LISTRIK ( STUDI KASUS : DESA PULAU TAGOR BARU KEC.GALANG)

Authors

  • Wizzy Vrayuda STMIK Pelita Nusantara
  • Yuda Perwira STMIK Pelita Nusantara

Keywords:

Sistem_Pendukung_Keputusan, Analytical Hierarchy Prosses (AHP), Subsidi_Listrik

Abstract

Kebutuhan energi listrik sangat dominan bagi manusia, dimulai dari kebutuhan didalam rumah tangga, bisnis pemerintahan dan industri rumah tangga hingga industri besar serta seluruh aspek kehidupan lainnya sehingga ketersediaan energi listrik saat ini sangat penting dan sangat berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan kualitas sosial ekonomi masyarakat secara umum. Berbagai permasalahan mengenai subsidi listrik dengan fasilitas yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu pada umumnya merasa perlu melakukan pertimbangan dalam memilih masyarakat benar-benar kurang mampu sesuai dengan kriteria masyarakat kurang mampu dan pertimbangan lainnya. Program subsidi listrik adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan dengan memberikan dana bantuan subsidi listrik kepada rumah tangga miskin dan tidak mampu. Kepala Desa Pulau Tagor Baru Kec. Galang akan menerapkan bantuan rekomendasi subsidi listrik, dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP akan menemukan solusi atau jalan keluar dengan hasil yang memuaskan karena Analytical Hierarchy Process (AHP) dikembangkan untuk membantu pengambil keputusan dalam beberapa alternatif keputusan untuk mendapatkan suatu keputusan warga-warga yang tepat dan berhak menerima rekomendasi subsidi listrik secara terukur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Wizzy Vrayuda, & Yuda Perwira. (2021). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM REKOMENDASI SUBSIDI LISTRIK ( STUDI KASUS : DESA PULAU TAGOR BARU KEC.GALANG). Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(3), 202-228. Retrieved from http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jikom/article/view/117