Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Perguruan Tinggi: Studi Kasus tentang Efisiensi Operasional dan Pelayanan Mahasiswa

Authors

  • Sri Rahmawati Unversitas Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia
  • Angga Putra Juledi Unversitas Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia
  • Volvo Sihombing Unversitas Labuhan Batu, Rantauprapat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55338/jikomsi.v7i1.2716

Abstract

Perguruan tinggi di seluruh dunia semakin mengenali pentingnya mengadopsi Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka dan meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Dalam konteks ini, studi kasus ini membahas langkah-langkah kunci yang diperlukan dalam implementasi SIM di sebuah perguruan tinggi dengan fokus pada meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan mahasiswa. Langkah pertama adalah penilaian kebutuhan, di mana pemangku kepentingan perguruan tinggi terlibat dalam identifikasi masalah dan kebutuhan yang ada. Selanjutnya, perguruan tinggi harus memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan mereka, mengembangkan atau mengkonfigurasi sistem tersebut, serta memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada staf dan pemangku kepentingan. Uji coba dan evaluasi adalah langkah penting sebelum implementasi penuh, dan komunikasi yang efektif selama fase ini krusial. Setelah implementasi penuh, pemeliharaan dan peningkatan berkelanjutan perlu dilakukan untuk memastikan SIM terus meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan mahasiswa. Hasil implementasi SIM dalam perguruan tinggi adalah peningkatan efisiensi dalam manajemen administrasi, penjadwalan, dan pengelolaan data mahasiswa. Selain itu, SIM juga memungkinkan perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa melalui akses yang lebih mudah ke informasi akademik, jadwal, dan sumber daya kampus. Keberhasilan implementasi SIM sangat bergantung pada komitmen, koordinasi, pelatihan, dan dukungan yang kuat dari seluruh komunitas perguruan tinggi. Studi kasus ini memperlihatkan bahwa dengan implementasi yang baik, SIM dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan mahasiswa di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Sitepu, “Implementasi Algoritma K-Nearest Neigbor Untuk Klasifikasi Pengajuan Kredit,” J. Sist. Inf., vol. 1, 2022.

F. F. Nugraha and E. A. Firdaus, “Implementasi Permainan Instruksional sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA,” J. Sist. Inf., vol. 2, 2022.

I. M. Sianturi and D. Harinto, “Perbandingan Kinerja Algoritma Random Forest pada Prediksi Penetapan Tarif Penerbangan dengan Menggunakan Auto-ML,” J. Sist. Inf., vol. 2, 2022.

A. Suaib and I. I. Tritosmoro, “Perbandingan Performa Metode Local Binary Pattern dan Random Forest dalam Identifikasi COVID-19 pada Citra X-ray Paru-paru.,” vol. 2, 2023.

F. A. Sianturi, “Analisa Decision Tree Dalam Pengolahan Data Siswa,” Media Inf. Anal. Dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 166–172, 2018.

F. A. Sianturi, M. Kumari, and E. Laian, “Implementasi Algortima C4. 5 Menentukan Pola Berangkatan Jamaah Haji,” J. Sains Dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 66–70, 2022.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Rahmawati, S. ., Putra Juledi, A. ., & Sihombing, V. . (2024). Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Perguruan Tinggi: Studi Kasus tentang Efisiensi Operasional dan Pelayanan Mahasiswa . Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 7(1), 75-77. https://doi.org/10.55338/jikomsi.v7i1.2716