Perancangan UI/UX Aplikasi Tanify Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.55338/jikomsi.v7i1.2933Keywords:
Pertanian, Akses Informasi Pertanian, Design Thinking, Aplikasi Mobile, Metode Single Ease QuestionAbstract
Petani di beberapa daerah menghadapi tantangan dalam memanen dikarenakan perubahan cuaca iklim yang sulit terprediksi, dan keterbatasannya akses informasi dari praktek dan informasi komunitas. Dengan permasalahan tersebut penelitian mengembangkan aplikasi Tanify berbasis mobile, dengan perancangan aplikasi dapat mengatasi permasalahan seperti akses prediksi cuaca iklim dan dapat mengakses forum informasi seputar pertanian. Metode yang digunakan dalam perancangannya yaitu design thinking, dokumentasi dari perancagannnya terdiri dari tabel pertanyaan, pulau ide, diagram afinitas, ide prioritas, user flow, wireframe, dan purwarupa (prototype), dan pengujiannya menggunakan metode Single Ease Question. Hasil dan kesimpulan dari penelitian yaitu perancangan aplikasi pertanian Tanify berbasis mobile yang menyajikan informasi prediksi cuaca dan informasi komunitas terkait pertanian.
Downloads
References
P. A. Ajeng Afrillia Adha, “Pengaruh Tenaga Kerja Dan Investasi Di Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sektor Pertanian Di Indonesia,” samudra Ekon., vol. Samuka Vol, no. 1, pp. 40–49, 2022.
R. Hanafie, “Pengantar Ekonomi Pertanian.” ANDI, Yogyakarta, 2010
A. Oktavia, Z. Zulfanetti, and Y. Yulmardi, “Analisis produktivitas tenaga kerja sektor pertanian di Sumatera,” J. Paradig. Ekon., vol. 12, no. 2, pp. 49–56, 2017, doi: 10.22437/paradigma.v12i2.3940.
G. Nuraisah and R. A. Budi Kusumo, “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Usahatani Padi Di Desa Wanguk Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu,” Mimb. AGRIBISNIS J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 5, no. 1, p. 60, 2019, doi: 10.25157/ma.v5i1.1639.
M. Masnur, S. Alam, and I. Muhammad, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Lahan Pertanian dan Komoditas Hasil Panen Di Kabupaten Sidrap Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 2, no. 1, pp. 229–235, 2022, doi: 10.31850/jsilog.v2i1.1322.
A. P. Eri Dasli, P. Muljono, and D. Susanto, “Pemanfaatan Cyber Extension melalui Telepon Genggam oleh Petani Anggrek di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan,” J. Penyul., vol. 11, no. 2, pp. 103–115, 2015, doi: 10.25015/penyuluhan.v11i2.10574.
A. Achmad Khan, D. Gita Purnama, and A. M. Kurniawan, “Development Of MobileBased Attendance Management System Applications,” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 4, no. 12, pp. 2372–2384, 2023, doi: 10.59141/jist.v4i12.816.
T. I. Sugiharti and R. Mujiastuti, “Pembuatan Prototype Aplikasi Mimopay dengan Metode Design Thinking,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput. (Just IT), vol. 13, no. 3, pp. 191–198, 2023.
N. Huda, H. Suwardi, F. Syakti, and A. H. Mirza, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE KOMODITIKU MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 4, no. 2, 2023.
Andriyanto, “Melawan Konfirmasi Bias untuk Membangun Etika Internet yang Baik dalam Era Revolusi 4.0,” 2020.
Y. Syahrul, “Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech,” J. Bhs. Rupa, vol. 2, no. 2, pp. 109–117, 2019, doi: 10.31598/bahasarupa.v2i2.342.
B. I. Utama, “Analisis Model BisnisUsahaCoffee Shop Melalui Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati: Studi Kasus padaCoffee Shop di Malang,” J. Ilmu Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 83–93, 2018, doi: 10.31328/jim.v4i2.561.
D. T. Widiatmoko and B. S. Utami, “Perancangan UI / UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus PT Selektani ) Pendahuluan Peran teknologi informasi ( TIK ) dalam pengelolaan pertanian di Indonesia PT Selektani Induk U,” J. Teknol. Inf., vol. 19, no. 1, pp. 120– 136, 2022.
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
K. Hasna, M. Defriani, and M. H. Totohendarto, “Redesign User Interface Dan User Experience Pada Website Eclinic Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 4, no. 1, pp. 83–92, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1072.
M. A. Otieno, “Affinity Research Approach,” in Varieties of Qualitative Research Methods: Selected Contextual Perspectives, J. M. Okoko, S. Tunison, and K. D. Walker, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2023, pp. 21–28. doi: 10.1007/978-3031-04394-9_4.
J. North, “How to Prioritize Ideas: 8 Best Innovation Frameworks,” bigbangpartnership.co.uk, 2023. https://bigbangpartnership.co.uk/how-to-prioritizeideas-your-idea-sorter/ (diakses pada Feb. 16, 2024).
D. Sweetania and A. Hafidz, “PERANCANGAN UI / UX PADA APLIKASI BERBASIS MOBILE E-TICKET MUSEUM DI,” JTS J. Tek. dan Sci., vol. 2, no. 3, pp. 57–70, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.