A PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MENDONGENG BERBASIS CERITA RAKYAT DI KELAS 5 SD N 1 KAWAN

PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MENDONGENG BERBASIS CERITA RAKYAT DI KELAS 5 SD N 1 KAWAN

Authors

  • Dewa Ayu Sri Miana Aniari ITP MARKANDEYA BALI, Bangli, Indonesia
  • Ni Made Ayu Purnami ITP MARKANDEYA BALI, Bangli, Indonesia
  • I Wayan Numertayasa ITP MARKANDEYA BALI, Bangli, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2539

Keywords:

Kata kunci :Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Metode mendongeng, Cerita rakyat.

Abstract

Pendampingan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode mendongeng berbasis cerita rakyat di kelas 5 SD N 1 Kawan.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan warisan budaya lokal.  Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas pendekatan ini dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Metode mendongeng juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. Metode yang dipakai oleh peneliti ini metode kualitatif deskriptif yang digungkan wawancara dan observasi kepada wali kelas 5 SD N 1 Kawan yang dilaksakan pada saat kkn. Hasil dari peneliti ini menemukan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tersebut. Kelompok eksperimen yaitu  lebih dapat komunikasi yang efektif, semua angota kelompok dapat berkomunikasi dengan jelas dan terbuka dan juga berperan lebih jelas , memberikan umpan balik secara positif dan apresiasi untuk memontivasikan siswa kelas 5 . sedangkan kelompok kontrol yaitu  tidak membantu memastikan bahwa efek yang diamati dalam kelompok eksperimen disebabkan eloh intervensi ( mendengarkan cerita rakyat ) , dengan menggunakan kelompok kontrol siswa dapat mengendalikan variabel eksternal yang mungkin memengaruhi hasil eksperimen seperti latar belakang siswa atau factor – factor lingkungan, menerapkan kelompok kontrol tidak dapt membantu bahwa intervensi tidak menyebabkan dampak negative yang tidak diinginkan pada kelompok eksprimen .  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widyaningrum, H. K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 89. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129.

Suharma, (2006). Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Kelas VII. Bogor : Yudhistira.

Sugeng. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII SMP dan MTs. Jakarta : Bumi Aksara.

Sumayana, Yena. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar. Vol 4 (1) 2017.

Rahyono. F.X. (2009). Kearifan budaya dalam kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Fajarini, Ulfah. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika. Vol 1 no 2.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Sri Miana Aniari, D. A. ., Purnami, N. M. A. ., & Numertayasa, I. W. . (2024). A PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MENDONGENG BERBASIS CERITA RAKYAT DI KELAS 5 SD N 1 KAWAN : PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MENDONGENG BERBASIS CERITA RAKYAT DI KELAS 5 SD N 1 KAWAN . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 480-484. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2539