Sosialisasi Pemanfaatan Abu Tempurung dan Serat Serabut Kelapa Untuk Pembuatan Paving Block di SMAN 5 Samarinda

Authors

  • Santi Yatnikasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dheka Shara Pratiwi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitiryati Agustina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ulwiyah Wahdah Mufassirin Liana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Adde Currie Siregar Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2928

Keywords:

Sosialisasi, Abu Tempurung, Serat Serabut Kelapa, Paving Block, Siswa

Abstract

Paving block  adalah material konstruksi yang dibuat dari campuran semen Portland atau bahan perekat hidrolis sejenis, air, dan agregat. Bahan ini juga dapat mengandung zat tambahan lain yang tidak memengaruhi kualitas paving block. Latar belakang dari pentingnya sosialisasi mengenai pemanfaatan abu tempurung dan serat serabut kelapa dalam pembuatan paving block adalah karena meningkatnya jumlah limbah organik yang tidak terkelola dengan baik.  Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pengelolaan limbah dan pengoptimalan sumber daya lokal secara berkelanjutan. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya inovasi dan kreativitas dalam menggunakan sumber daya alam, serta mendorong mereka untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan melalui tindakan nyata, yang pada akhirnya akan membentuk sikap peduli terhadap lingkungan. Peserta kegiatan adalah siswa kelas XII-IPA SMAN 5 Samarinda, sejumlah 36 orang. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian meliputi ceramah, pendampingan/workshop, dan evaluasi akhir. Hasil evaluasi akhir melalui kuisioner menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta terkait penggunaan dan pembuatan paving block. Jumlah peserta yang berhasil memahami materi dan keterampilan yang diajarkan menjadi bukti keberhasilan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibroto, F. (2014). Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block. Jurnal Rekayasa Sipil.

Ambarwati, Y. et al. (2022). PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MANJADI PAVING BLOK DI DESA HAJIMENANATAR, LAMPUNG SELATAN. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 853–858.

Kusminah, L. (2018). Penyuluhan 4r (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dan Kegunaan Bank Sampah Sebagai Langkah Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Ekonomis di Desa Mojowuku Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, 03(01), 22–28.

Namarak, C. (2018). Development of Concrete Paving Blocks Prepared from Waste Materials without Portland Cement. MATERIALS SCIENCE (MEDŽIAGOTYRA), 24(1).

Nishikant, K. (2016). Manufacturing of Concrete Paving Block by Using Waste Glass Material. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(6).

Nurwidayati, R. (2021). Utilization of Coconut Shell Ash as a Substitute Material in Paving Block Manufacturing. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Peraturan Pemerintah No 81. (2012). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Pemerintah Pusat.

Setianingrum, R. S. (2018). Pengelolaan Sampah Dengan Pola 3 R Untuk Memperoleh Manfaat Ekonomi Masyarakat. Jurnal Berdikari, 6(2), 173–183.

Setiawan, I. (2018). Potensi Ekonomi Limbah Arang Tempurung Kelapa Sawit untuk Bahan Tambah Paving Block. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

SNI 03-0691-1996. (1996). Bata Beton (Paving Block). Badan Standar Nasional.

Sucahyo. (2020). Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa sebagai Campuran Paving Block. Jurnal Universitas Kadiri Riset Teknik Sipil, 4(1).

Syarif, H.A. Saputra, D. (2022). Kuat Tekan dan Absorbsi Paving Block Geopolimer Abu Sawit (Palm Oil Fuel Ash) Menggunakan Tambahan Semen Tipe 1 (Ordinary Portland Cement) dengan Air Gambut. Jurnal APTEK, 14, 33–38.

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Yatnikasari, S., Shara Pratiwi, D. ., Agustina, F. ., Mufassirin Liana, U. W. ., & Currie Siregar, A. . (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Abu Tempurung dan Serat Serabut Kelapa Untuk Pembuatan Paving Block di SMAN 5 Samarinda . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2220-2226. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2928