Sosialisai Pembuatan Pupuk Organik Tongkol Jagung

Authors

  • Romiyanto Romiyanto Universitas Tanjungpura
  • Leony Agustine Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3208

Keywords:

Pupuk Organik, Tongkol Jagung, Sosialisasi, Effective Mikroorganism 4

Abstract

Tongkol jagung merupakan limbah yang kaya bahan organik yang bisa diolah menjadi pupuk organik berupa kompos yang akan sangat berperan dalam siklus produksi tanaman karena bermanfaat bagi tanah dan tanaman dalam hal memperbaiki struktur dan pH tanah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembuatan pupuk organik tongkol jagung pada kelompok tani di Desa Sarantangan, yang merupakan limbah tidak dimanfaatkan. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat di Desa Sarantangan yaitu dengan memberikan pemaparan pengetahuan dan informasi, demostrasi, dan melakukan praktik secara langsung. Kegiatan ini telah berlangsung dengan lancar dan direspon sangat baik oleh peserta. Peserta sangat antusias dalam menanggapi selama kegiatan ini berlangsung. Adapun kesimpulan dari sosialisasi dan praktik pembuatan pupuk organik dari tongkol jagung di Desa Sarantangan menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan organik memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas tanah dan produktivitas pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustine, L. et al. (2023) ‘Pembuatan Pupuk Kompos Kotoran Sapi Pada Petani Di Desa Pal IX, Kabupaten Kubu Raya’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), pp. 2118–2122.

Agustine, L., Ramadhan, R.A.M. and Manurung, R. (2022) ‘PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK, ANORGANIK DAN PUPUK CAMPURAN TERHADAP TINGGI TANAMAN DAN JUMLAH DAUN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)’, Jurnal Technopreneur (JTech), 10(2), pp. 1–4.

Budiyanto, M.A.K. (2011) ‘Tipologi pendayagunaan kotoran sapi dalam upaya mendukung pertanian organik di Desa Sumbersari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang’, Jurnal Gamma, 7(1).

Melsasail, L., Warouw, V.R.C. and Kamag, Y.E.B. (2019) ‘Analisis kandungan unsur hara pada kotoran sapi di daerah dataran tinggi dan dataran rendah’, in Cocos.

Nugraha, S.P. (2013) ‘Pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk organik’, Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 2(03), pp. 193–197.

Sudiarto, B. (2008) ‘Pengelolaan limbah peternakan terpadu dan agribisnis yang berwawasan lingkungan’, in Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Universitas Padjajaran Bandung.

Sutrisno, E. et al. (2020) ‘Pembuatan Pupuk Kompos Padat Limbah Kotoran Sapi Dengan Metoda Fermentasi Menggunakan Em4 Dan Starbio di Dusun Thekelan Kabupaten Semarang’, Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 2(1).

Sutrisno, E. and Priyambada, I.B. (2019) ‘Pembuatan pupuk kompos padat limbah kotoran sapi dengan metoda fermentasi menggunakan bioaktivator starbio di desa ujung–ujung kecamatan pabelan kabupaten semarang’, Jurnal Pasopati, 1(2).

Waluyaningsih, S.R. (2008) ‘Studi analisis kualitas tanah pada beberapa penggunaan lahan dan hubungannya dengan tingkat erosidi sub DAS Keduang Kecamatan Jatisrono Wonogiri’, Universitas Sebelas Maret [Preprint].

Yuliana, E.D. (2020) ‘Ajeg Subak dalam Transformasi Pertanian Modern ke Organik’. Unhi Press.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Romiyanto, R., & Agustine, L. . (2024). Sosialisai Pembuatan Pupuk Organik Tongkol Jagung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2166-2171. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3208