Makna Keluarga Dalam Iklan IM3 “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahmi”: Perspektif Teori Van Dijk

Authors

  • Ilda Safitri Universitas Negeri Medan
  • Dinda Wulandari Universitas Negeri Medan
  • Mutiara Fitri Santika Universitas Negeri Medan
  • Hendra Kurnia Pulungan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3276

Keywords:

Keluarga, Komunikasi, Iklan IM3, Van Dijck, Analisis Wacana

Abstract

Setiap pengiklan selalu berharap agar produk yang mereka promosikan terjual dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan IM3 2024 dengan menggunakan Teori Analisis Wacana Van Dijck. Iklan IM3 pada tahun 2024 ini membawakan tema, "Dekatkan Jarak, Nyatakan Silahturahmi" yang berkolaborasi dengan Iqbaal Ramadhan dan lagu terbaru dari Grup Musik Hindia yang berjudul, "Setiap Waktu". Dalam iklan ini mengambil permasalahan tentang keluarga dan bagaimana cara agar mempererat silaturahmi. Van Dijck dalam teori analisis wacana membagi tiga tingkatan, diantaranya yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Penelitian ini menggunakan metodologi deskripsi kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan mendengarkan dan mencatat sebagai metode pengumpulan data. Dengan menerapkan teori wacana kritis Van Dijk, penelitian ini menganalisis bagaimana bahasa, visual, dan elemen naratif dalam iklan digunakan untuk menyampaikan pesan tentang keakraban keluarga meskipun terpisah oleh jarak fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini tidak hanya mempromosikan produk komunikasi, tetapi juga menyampaikan pesan sosial yang kuat tentang pentingnya menjaga ikatan keluarga dalam era digital. Iklan tersebut menekankan bahwa meskipun anggota keluarga berada di lokasi yang berbeda, teknologi dapat memainkan peran penting dalam mempertahankan kedekatan emosional dan hubungan yang harmonis. Dengan demikian, iklan IM3 berhasil menciptakan narasi yang menggabungkan nilai-nilai tradisional keluarga dengan kemajuan teknologi komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & dkk. (2021). Dasar-Dasar Periklanan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Awaru, A. T. (2021). Sosiologi Keluarga. Bandung: Media Sains Indonesia dan Penulis.

Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.

Herman, N., Muarifin, M., & Sardjono. (2023). Analisis Wacana Kritis Teori Teun A. Van Dijk Pada Youtube Iklan Ramayana Berjudul “Marga Pelari” . Wacana: Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajaran, 49-60.

Marlia, C., Surif, M., & Fahmy, S. D. (2022). Analisis Wacana Kritis Van Dijk Pada Iklan Bear Brand Tahun 2021 dan 2022. Asas: Jurnal Sastra, 45-56.

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Pradana, M. P., & Widyaningsih, N. (2023). Analisis Superstruktur Pada Wacana Iklan YouTube Luwak White Coffe Tarik Malaka. Jurnal Ilmiah Diksatrasia, 528-532.

Ratnaningsih, D. (2019). Analisis Wacana Kritis: Sebuah Teori dan Implementasi. Kotabumi: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Rohana, & Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV. Samudra Alif-Mim.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Safitri, I. ., Wulandari, D. ., Fitri Santika, M. ., & Kurnia Pulungan, H. . (2024). Makna Keluarga Dalam Iklan IM3 “Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahmi”: Perspektif Teori Van Dijk . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2427-2431. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3276