Pelatihan Pembuatan Komik Digital Menggunakan Aplikasi Pixton bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4199Keywords:
Komik Digital, Pixton, Kompetensi GuruAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SD 1 Prambatan Kidul Kudus, dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komik digital menggunakan aplikasi Pixton. Media komik digital dipilih karena dapat menyajikan materi pembelajaran secara menarik, interaktif, dan mudah dipahami siswa. Metode dalam kegiatan pengabdian meliputi sosialisasi, pelaksanaan, praktik dan pendampingan, serta evaluasi. Pelatihan ini meliputi pemahaman konsep dasar komik digital, penggunaan aplikasi Pixton, serta pengintegrasian komik digital ke dalam pembelajaran. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan guru, dengan hasil pre-test rata-rata sebesar 46% dan post-test meningkat menjadi 84%. Guru mampu membuat komik digital secara mandiri dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di kelas, yang berdampak pada peningkatan keterlibatan siswa. Kegiatan ini berhasil memberikan solusi inovatif bagi pengembangan media pembelajaran di sekolah, meskipun masih ada tantangan dalam hal infrastruktur teknologi. Pelatihan ini diharapkan dapat diperluas ke sekolah lain guna meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi digital.
Downloads
References
Aini, T., Ramadhan, V. A., Pebiantina, S., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Comic ACER (Audio Cerita) untuk menumbuhkan Sikap Ikhlas Bersedekah bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4245–4253.
Alférez-Pastor, M., Collado-Soler, R., Lérida-Ayala, V., Manzano-León, A., Aguilar-Parra, J. M., & Trigueros, R. (2023). Training Digital Competencies in Future Primary School Teachers: A Systematic Review. Education Sciences, 13(5), 461.
Amalia, D., Efendi, A., Kasuya, I. L., Sofia, I., & Fadlillah, N. (2024). PEMBERDAYAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DI SEKOLAH DASAR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 46–53.
Aprinastuti, C. (2023). Special Book for Media Tutorial ICT-Based Learning. Stiletto Book.
Bendanu, D. P. E., Kosasih, A., Audina, M., Dewi, A. P. N. K., Kurnia, A., Utomo, U. P., & Febrian, M. A. (2022). Sosialisasi Dan Pelatihan Perangkat Lunak Microsoft Office Di Lingkungan Sekolah Desa Curug. Abdi Jurnal Publikasi, 1(2), 29–34.
Collaguazo, A., Villavicencio, M., & Abran, A. (2023). An Activity-Based Approach for the Early Identification and Resolution of Problems in The Development of Iot Systems in Academic Projects. Internet of Things, 24(100929), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.iot.2023.100929.
Erliani, W., Sari, P. D. P., Sari, V. P., Ramadhan, M. G., Nabila, A., & Muryaningsi, A. (2024). PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENGAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN INOVATIF. INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam. Sosial dan Pendidikan, 3(2), 1–7.
Fleischmann, A., Oppl, S., Schmidt, W., Stary, C., Fleischmann, A., Oppl, S., & Stary, C. (2020). Preparation of Process Implementation.
Handayani, N. A., Nazaruddin, R. S., & Latip, A. E. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS WEB PIXTON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE C SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS, 3(03), 613–621.
Haryanto, H., Kartono, K., & Pranata, R. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Pontianak Timur. FONDATIA, 7(2), 331–339.
Hidayati, A., Bentri, A., Yeni, F., Zuwirna, & Eldarni. (2020). . The Development Of Instructional Multimedia Based On Science, Environment, Technology, And Society (Sets. Journal Of Physics: Conference Series, 1594(1), 12–16. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012016
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074.
Judijanto, L., Rusdi, M., & Rifky, S. (2024). Dampak penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap pola pikir inovatif siswa di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 43–50.
Rahma, R. (2020). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V di SDN Kampung Bulak 03.
Rogers, P. J., & Woolcock, M. (2023). Process and implementation evaluation methods.
Sabarudin, A. P. R., Utama, C., & Fithriyanasari, E. (2024). Kreaktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pencegahan Perundungan dengan Pixton. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 209–216.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi pembelajaran daring di sekolah dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.
Sari, R., Putri, S., & Rachmawati, L. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Teknologi untuk Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi, 11(2), 45–57.
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis evaluasi pengembangan media komik digital pada mata pelajaran IPA sekolah dasar.
Susanti, A., Trisusana, A., Pusparini, R., & Kurniasih, E. (2022). Menumbuhkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Integrasi Teknologi Dalam Task Based Language Teaching Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Ndrumi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 13–26.
Syamsuri, M. M. F., Fadiawati, N., Riyanda, A. R., & Sagala, M. K. (2022). Pelatihan pemanfaatan perangkat lunak kimia berbasis gawai sebagai media pembelajaran. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 267–275.
Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634.
Yulianti, R. E., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Penerapan Media Visual Mobile Learning Berbasis Comic Android Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 407–413.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Amalia, Ahmad Faidlon, Siti Nur Intan Awaliyah, Ahmad Azhar Basyar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Dina Amalia, Dewi Pratiwi, Anita Afrianingsih, Muhammad Nofan Zulfahmi, Eksplorasi Dunia Satwa melalui Pelatihan Augmented Reality bagi Guru KB IT Ratu Kalinyamat Jepara , Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara: Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)