Casual Video Game Untuk Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Di Universitas Muhammadiyah Gresik
DOI:
https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4230Keywords:
Casual Video Game, Flower Game, Tingkat StresAbstract
Mahasiswa sangat rentan terkena stres. Pada umunya stres merupakan sebuah kondisi dimana manusia mengalami perasaan tertekan atau mengalami perasaan tegang dalam hidupnya. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah casual video game dapat digunakan untuk mengurangi stres pada mahasiswa prodi pendidikan matemaika Universitas Muhammadiyah Gresik. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan, diketahui bahwa mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik memenuhi 2 aspek stres, yaitu : psikologis dan biologis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one grup pretest-pottest menggunakan casual video game. Dari sampel penelitian yang ditetapkan 5 subjek penelitian dari mahasiswa prosi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik. Untuk mengetahui hasil dari intervensi yang dilakukan peneliti mengguanakan analisa nformation pretest-posttes menggunakan uji wilcoxon. Setelah dilakukan intervensi atau penelitian eksperimen dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis didapatkan p-value <0,05, maka Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa casual video game dapat digunakan untuk mengurangi stress pada mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Gresik.
Downloads
References
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa.
Jurnal Keperawatan, 5(1).
Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri, dan Kemandirian Mahasiswa
Baru. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).
Beck, J. C., & Mitcheel, W. (2007). Gamers Juga Bisa Sukses. Jakarta: PT. Grasindo.
Brannon, L., Feist, J., & Updegraff, J. A. (2013). Health Psychology: An Introduction to
Behavior and Health. Cengage Learning.
Ciccarelli, S. K., & White, J. N. (2001). Psychology. United States of America: Pearson
Education.
Crawford, C. (2003). The Art of Computer Game Design. United States: Osborne/McGrawHill.
Desai, Veeral; Gupta, Arnav; Andersen, Lucas; Ronnestrand, Bailey; Wong, Michael;. (2021).
Stress-Reducing Effects of Playing Casual Video Game among Undergraduate
Students. Springer, 29, 563-579.
Diduga Stres Kuliah, Mahasiswa Palembang Lompat Bunuh Diri. (2021, Oktober 8). Diambil
kembali dari CNN Indonesia:
Gentry, S V; Gauthier, A; Ehrstrom, B L; Worthley, D; Lilienthal, A; Car, L T; Okutsu, D S;
Nikulaou, K C; Zary, N; Campbbell, J; Car, J. (2019). Serious Gaming And
Gamification Education in Health Professions: Systematic Review. Journal of Medical
Internet Reasearch, 21(3).
Gunarsa, D. S. (1996). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hatch, E., & Farhady, H. (1981). Research Design & Statistics for Applied Linguistics. Tehran:
Rahmana Publications.
Ismail, A. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif).
Yogyakarta: Pilar Media.
Kerlinger, F. N. (1973). Foundation of Behavioral Research. Dalam Holt, & Rinehart. New
York.
Lastary, L. D., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dan Self Efficacy dengan
Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau yang Berkuliah. Ikraith-Humaniora,
(2).
Lovallo, W. R. (2005). Stress and Health: Biological and Psychological Interactions (2nd Ed).
Thousand Oaks, Ca: Sage.
Lukaningsih, Z. L., & Bandiyah, S. (2011). Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
McGrath, J. E. (1970). Major methodological issues. Dalam J. E. McGrath, Social and
psychological factors in stress (hal. 19-49). NewYork: Holt, Rinehart & Winston.
Musabiq, S. A., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stres dan Dampaknya pada Mahasiswa.
InSight, 20(2).
Nabila, & Seyekti, A. (2021). Manajemen Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi di
Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 12(2).
Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi
Nonformal.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendika.
PMI. (2015). Panduan-Manajemen Stres. Markas Pusat Palang Merah Indonesia.
Prihaswati, M., & Rahmawati, S. H. (2014). Stres Mahasiswa Sains dan Strategi Koping: Studi
pada Mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA. JKPM, 1(2).
Rasmun, N. M., & Kep, M. (2004). Stres Koping dan Adaptasi. Jakarta: CV Sagung Seto.
Risa, D. F., Pradana, F., & Bachtiar, F. A. (2020). Pengembangan Sistem Monitoring Tingkat
Stres Berbasis Website. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Decza Ardhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.