Literasi Digital Produktif Kreatif dan Kewirausahaan Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Keywords:
produk kreatif, kewirausahaawan, pemasaran digital, masa pengenalan lingkungan sekolahAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan literasi kepada para murid SMK Bhakti Karya Karanganyar tentang literasi digital produk kreatif dan kewirausahaan. Fokus penyampaian adalah terkait pemasaran digital yang memberikan banyak manfaat dan perubahan pada wirausahawan. Penyampaian materi dilakukan pada saat masa pengenalan lingkungan sekolah. Sehingga target dari penyampaian ini adalah untuk para murid kelas 1. Untuk menumbuhkan jiwa wirausahawan harus dimulai sejak dini dengan mencari kesempatan yang dapat diambiil. Berdasarkan pengabdian yang telah dilakukan, para murid sangat antusias dalam menerima litrasi ini. Keinginan para muriud untuk membuat suatu produk sangatlah besar. Sehingga pihak sekolah juga harus dapat memfasilitasi bakat dan minat para murid tersebut agar kelak jiwa kewirausahannya muncul dan para lulusan dapat bekerja. Sehingga tidak terlalu menggantungkan diri untuk menjadi karyawan dalam suatau perusahaan melaikan menjadi pemilik usaha yang dapat membuka lowongan pekerjaan.
Downloads
References
Novaria, R., Mulyati, A., Pujianto, A., & Safitri, L. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Di Kawasan Kampung Makam Rangkah Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 1(01).
Pasaribu, M., & Maulia, P. (2021, November). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Teh Di Desa Manik Maraja. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 769-782).
Egeten, A. E. J. (2017). Instagram, e-Commerce, Media Pemasaran–Kode Etik dan Studi Kasus. AITI, 14(2), 88-98.Afifulloh, M., & Islam, U. (2023). PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMBUAT- AN MEDIA PEM- BELAJARAN AUDIO.
Hamsia, W., Setiyawan, R., Khasanah, S. U., Roisiah, R. R., & Firdaus, A. N. (2021). Digital Marketing dalam Penguatan Branding Sekolah Pengelola Sekolah Dasar Muhammadiyah. Humanism Jurnal Pengabdian Masyarakat, V(2), 241–250.
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 7 Jember (Studi kasus pada Kelas XII Program Keahlian Multimedia Semester Gasal tahun Ajaran 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(2), 357–360. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522
Krisnaresanti, A., Naufalin, L. R., Indrayanto, A., & Sukoco, H. (2022). PENGARUHMANFAAT DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 1063–1073.
Mila, H. (2013). Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Alternatif Mengurangi Pengangguran Terdidik Dan Pencegahan Korupsi. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 465–471. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.44
Mirna Noventri, I., Perawitan Pakpahan, J., Wardani Pane, J., & Hutabarat, L. (2022). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. Journal of Millennial Community, 3(2), 68. https://doi.org/10.24114/jmic.v3i2.32339
Nuri, N., Surya, A., Destari, U., Amanda, S. R., Sahendra, Y., & Fahrimal, Y. (2023). Peningkatan Literasi Lingkungan Peserta Didik MIN 3 Aceh Barat Menggunakan Metode Board Game Ular. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5466
Porwani, S. (2016). Kreativitas dan Inovasi Wirausaha Terhadap Kualitas Produk Big Art Project Palembang. Jurnal Adminika, 5(3), 248–253.
Putri, O. F., Damayanti, D., Saputri, M. E., Pratiwi, Y. M., & Nugroho, P. B. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK DESA GUNUNG RAJA DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Griya Cendikia, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akhmad Daerobi, aulia juwita, Dwi Prasetyani, Guntur Riyanto, Vinc Hadiwiyono, Vita Kartika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.