Pemilihan Rute Terbaik Dari Lokasi Calon Pelanggan Ke Terminal Akses Menggunakan Metode A*Star PT. Bahtera Anugrah Electical

Authors

  • Rasiban Rasiban Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Jakarta
  • Septiyana Bila Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Triwahyudi Triwahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Jakarta

Keywords:

Data Mining, Terminal Akses, Metode A*Star

Abstract

Terminal akses adalah koneksi internet / penyedia internet dengan klien atau pengguna Wi-Fi. Terminal akses sebagai access point yang berfungsi sebagai terminal pusat, dengan demikian Calon pelanggan adalah pelanggan baru yang memiliki ketertarikan pada produk dan layanan perusahaan dan tertarik pada mereka. Semua klien nirkabel harus terhubung ke titik akses sebelum berhubungan dengan klien lain. Dalam menemukan rute terdekat jarak tempuh terpendek dan waktu tempuh tercepat harus di lakukan dengan sebuah langkah metode yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menemukan jalur atau rute tercepat adalah menggunakan metode A*Star. Dengan metode A*Star untuk mengetahui jalur terpendek pada calon pelanggan ke terminal akses. pentingnya menggunakan metode A*Star karena metode ini menggunakan estimasi jarak terdekat untuk mencapai tujuan dan memiliki nilai heuristic yang digunakan sebagai dasar pertimbangan. Heuristik adalah kriteria metode atau prinsip untuk menentukan pilihan sejumlah alternative untuk mencapai tujuan dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Purnama, D. A. Megawaty, and Y. Fernando, “Penerapan Algoritma A Star Untuk Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner di Kota Bandarlampung,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, p. 28, 2018, doi: 10.33365/jti.v12i1.37.

M. A. Arsyad, D. Supriyadi, A. Veronica, L. N. Hidayah, and D. P. Pratiwi, “Penerapan Algoritma A Star Untuk Pencarian Rute Terpendek Puskesmas Rawat Inap Di Banyumas,” Conf. Electr. Eng. Telemat. Ind. Technol. Creat. Media 2019, pp. 74–82, 2019, [Online]. Available: http://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/91

) Yuliani, F. Agus, and K. Kunci, “WEBGIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITM A STAR (A*) (Studi Kasus: Kota Bontang),” J. Inform. Mulawarman Ed. Juli, vol. 8, no. 2, pp. 50–55, 2013.

R. Rizky, “Pencarian Jalur Terdekat dengan Metode A*(Star) Studi Kasus Serang Labuan Provinsi Banten | Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi | SNARTISI,” Semin. Nas. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 1, no. November, pp. 93–98, 2018, [Online]. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/view/811

S. Susilawati, “Penerapan Metode A*Star Pada Pencarian Rute Tercepat Menuju Destinasi Wisata Cagar Budaya Menes Pandeglang,” Geodika J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., vol. 4, no. 2, pp. 192–199, 2020, doi: 10.29408/geodika.v4i2.2754.

W. Widodo and I. Ahmad, “Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 57–63, 2017, doi: 10.23917/khif.v3i2.5221.

D. Hermanto and S. Dermawan, “Penerapan Algoritma A-Star Sebagai Pencari Rute Terpendek pada Robot Hexapod,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 7, no. 2, p. 122, 2018, doi: 10.25077/jnte.v7n2.545.2018.

M. Kristo and Y. J. Shandi, “Perancangan Aplikasi Pencarian Rute Perjalanan Angkutan Kota (Angkot) di Kota bandung Berbasis Web Menggunakan Algoritma A*,” Media Inform., vol. 21, no. 2, pp. 133–143, 2022, doi: 10.37595/mediainfo.v21i2.110.

S. Nursaily and H. Agustian, “Penerapan Metode Algoritma A* Untuk Penentuan Jalur Terpendek Dalam Pengiriman Barang Berbasis Mobile,” TeknoIS J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 13, no. 1, pp. 101–109, 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i1.179.

A. B. W. Putra, A. A. Rachman, A. Santoso, and M. Mulyanto, “Perbandingan Hasil Rute Terdekat Antar Rumah Sakit di Samarinda Menggunakan Algoritma A*(star) dan Floyd-Warshall,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 59–68, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i1.685.

D. Marcelina and E. Yulianti, “Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Lokasi Kuliner Khas Palembang Menggunakan Algoritma Euclidean Distance Dan a*(Star),” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no.2,pp.195–202,2020,doi:10.32736/sisfokom.v9i2.827.

J. Siburian, Jumari, and A. Simangunsong, “Studi Sistem Star Motor Induksi 3 Phasa Dengan Metode Star Delta Pada Pt . Toba Pulp Lestari Tbk,” Teknol. Energi Dua, vol. 9, no. 2, pp. 84–85, 2020.

P. J. Taufiq, A. T. Wibowo, and G. Septiana, “Implementation and Analysis of A * Algorithm for Multiple Goal Pathfinding Used at NPC ( Non-Playable Charactrer ) Movement,” vol. 2, no. 3, pp. 7799–7810, 2015.

P. Metode and A. A. Star, “Pemetaan Potensi Desa Di Wilayah Pandeglang,” pp. 247–256, 2020.

A. A.-S. Sake, “Implementasi Kecerdasan Buatan Menggunakan Algoritma,” pp. 1–9, 2021.

A. Pamungkas, E. Puji Widyanto, and R. Angreni, “Penerapan Algoritma A* ( A Star ) Pada Game Edukasi The Maze Island Berbasis Android,” Penerapan Algoritm., no. x, pp. 1–11, 2011.

F. Badri and M. F. Al Habib, “IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A Star) PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME PACMAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 5 BERBASIS ANDROID,” Tek. Eng. Sains J., vol. 4, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.51804/tesj.v4i2.295.49-56.

Riwinoto and Alfian, “Implementasi Pathfinding dengan Algoritma A * pada Game Funny English Menggunakan Unity 3D Berbasis Graf Navmesh,” Politek. Negeri Batam, vol. 4, 2015.

E. Hardiyanti, Disusun Oleh: Elysa Hardiyanti 1112091000117. 2019.

M. Sandi and T. Baidawi, “Perancangan Antenna Star Bolic Solusi Menerima Signal Wifi Jarak Jauh,” pp. 17–23, 2013.

R. I. Tarigan, T. N. Damayanti, and Hafidudin, “Perancangan Jaringan Akses Fiber To the Home (Ftth) Dengan Teknologi Gpon Konfigurasi Star Di Cluster Cempaka Dan Cemara Perumahan Bumi Adipura,” vol. Vol.5, No.3, no. 3, p. 3004, 2019.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Rasiban, R., Bila, S., & Triwahyudi, T. (2023). Pemilihan Rute Terbaik Dari Lokasi Calon Pelanggan Ke Terminal Akses Menggunakan Metode A*Star PT. Bahtera Anugrah Electical. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 331-335. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/1410