Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Game (Educaplay) untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL) yang dikombinasikan dengan media edukatif Educaplay dalam meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan dua kelompok mahasiswa sebagai sampel: kelompok eksperimen yang menggunakan model PjBL dengan bantuan Educaplay dan kelompok kontrol yang menjalani pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kreativitas (pre-test dan post-test) dan kuesioner respons mahasiswa. Analisis data menggunakan uji-t untuk membandingkan rata-rata kreativitas kedua kelompok dan uji gain untuk melihat peningkatan kreativitas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model PjBL yang didukung Educaplay secara signifikan meningkatkan kreativitas mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan pada post-test antara kedua kelompok (p < 0,05), sementara uji gain pada kelompok eksperimen mencapai rata-rata indeks gain sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai 0,45 (kategori sedang). Kuesioner menunjukkan bahwa 87% mahasiswa lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran menggunakan Educaplay, dan 80% merasa lebih bebas mengembangkan ide kreatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL berbasis media interaktif seperti Educaplay efektif dalam meningkatkan kreativitas, keterlibatan, dan motivasi belajar mahasiswa, sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran di pendidikan tinggi
Downloads
References
Astutik ID, Pramasdyahsari AS, Setyawati RD. Development of PJBL-STEM based E-books Assisted by Geometry Calculator to Foster Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 2024;15(1):69–82. Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano.
Clark, H., & Davis, P. Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Tinggi. Palgrave Macmillan. 2021.
Davis, R. (2020). "Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa." Educational Research Review, 18(1), 89-101.
Dasril aldo, Sahara, Miftahul ilmi, Pengembangan Jiwa Wirausaha Lulusan Teknik Elektronika SMK N 1 Bukittinggi Melalui Pembekalan Skill Pembuatan Game dengan Unity.2024. doi.org/10.56359/kolaborasi.v4i3.366
Emda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh A. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Vol. 5, Lantanida Journal. 2017.
Elvira NZ, Nirwana H. Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan. 2022;1(2). https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Heri Winahyu F, Nulhakim L, Rumanta M, Sultan Ageng Tirtayasa U. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan [Internet]. 2024;6. Available from: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6351
Indah Pristy Yenzi, Mujahidawati M, Novferma N. Pengembangan Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA. 2023 Dec 14;13(4):1114–25.
Indri Hapsari D, Septian Airlanda G. Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2019;2(1):102–12.
Kandam CV, Shinta K, Abadi M. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Brawijaya Smart School Malang. Journal of Learning and Technology. 2023;2(2):85–95.
Lee, K. (2018). "Gamifikasi dan Motivasi Belajar: Tinjauan Literatur." Journal of Educational Research and Practice, 10(4), 150-165.
Muzayit A, Hudaya C, Anggara M. Implementation Of The Independent Curriculum Through The Pjbl Learning Model Based On Digital Innovation In The Subjects Of Creative Projects And Entrepreneurship In Increasing Students’ Interest In Learning At Smkn 1 Tarano. Innovation Journal (DIJ). 2024;2(2):17–29.
Novferma, Romundza F, Yenzi IP. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Komik Matematika Berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. 2023;13(3):225–33.
Pratiwi RH, Rezania V. Pengaruh Multi-Matobe Berbantuan Media Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2024 Jun 25;1(4):1–21.
Romundza F, Novferma, harizon. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi 3D Menggunakan Aplikasi Lumen. DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3159
Romundza F, Harizon, Miharti I, Novferma. (2023). Development of Artificial Intelligence-Based Learning Videos on the Topics of Air Pollution using Lumen App.Jurnal Pendidikan MIPA, 2023
Rochwati T. Application of the PjBL Model To Improve Understanding Of Narrative Essay Material Through Animated Film Media For Grade 4 Elementary School Students In Badran Surakarta. InSocial, Humanities, and Educational Studies (SHES): 2022;5(5):287–93. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Sitompul HS, Situmorang I, Tuty T. Sustainability Learning: Project Based Learning Integrated Chemo-Entrepreneurship Approach to Understanding Chemistry and Interest in Entrepreneurship. Jurnal Ilmiah Global Education. 2024 Jun 22;5(2):1355–61.
Umam MAK, Iriani D, Novferma. Development of Problem-Based Learning (PJBL) based mathematics comic media using Pixton to improve students’ mathematical problem-solving skills in class VIII junior high school. Focus ACTion Of Research Mathematic. 2024;7(1):92–109. Available from: https:/jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/92http://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.2623
Yulis Tyaningsih R. Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Application. 2022.
Zaeriyah S. Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 2022 Jan 1;7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febbryromundza Febbryromundza, sahara sahara, Dwi Rayana Siregar, Fadilla Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.