Perbandingan Kompresi File Audio Menggunakan Algoritma Fibonacci Dan Algoritma Invert Elias Delta

Authors

  • Sartika Siahaan Universitas Budi Darma

DOI:

https://doi.org/10.55338/jumin.v5i1.2201

Keywords:

Perbandingan, Algoritma, Kompresi, Fibonacci, Invert Elias Delta

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah menjadi peran yang sangat penting untuk pertukaran informasi atau pengiriman data dari satu terminal komputer ke terminal komputer yang lain. Kecepatan pengiriman sangat bergantung pada ukuran dari informasi atau data tersebut. Data dengan ukuran besar akan memakan waktu pengiriman yang lebih lama dibandingkan dengan data yang memiliki ukuran data yang lebih kecil, karena tidak dapat tertampung pada media penyimpanan. Format file audio adalah format file untuk menyimpan data audio digital pada sistem komputer. Salah satuformat file audio adalah MP3 yang bisa membuat seseorang mendengarkan lagu secara digital, tidak perlu menggunakan kaset atau CD seperti zaman dulu dan memungkinkan jutaan orang diseluruh dunia untuk saling bertukar rekaman musik melalui komputer yang terhubung jaringan internet. Penyimpanan data tersebut, tidak bisa hanya dilakukan dengan format file yang tersedia. Maka dari itu diperlukan proses kompresi file. Dalam kompresi data terdapat 3 faktor penting yang perlu diperhatikan yaitu: ratio commpression, compression ratio, dan space saving. Setelah dilakukan implementasi dan pengujian sistem dapat diketahui bahwa algoritma Invert Elias Delta memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma Fibonacci pada kompresi file audio dengan hasil akhir menggunakan metode eksponensial, algoritma Invert Elias Delta dengan nilai akhir 10,217 % sedangkan algoritma Fibonacci 11,074% . Sehingga semakin tinggi total nilai yang diperoleh maka akan semakin tinggi jumlah usaha yang dilakukan oleh algoritma tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. sianturi, “Implemenstasi Pemodelan Matematika, Simulasi dan Metode Optimasi untuk Peningkatkan Biogas dengan Penekanan pada Proses Berbasis Adsorpsi”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 53–59, Jun. 2023.

M. Marcelino and R. L. Sianturi, “Prediksi Keadaan Tegangan Sisa Dekat Permukaan untuk Benda Uji yang Dibulatkan Keras Menggunakan Model Nonlinier Berbasis Data”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 49–52, Jun. 2023.

R. Sianturi and R. L. Sianturi, “Analisis Lanjutan Distribusi Tegangan Sisa dan Keausan Pahat Milling pada Pemesinan Keras”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 37–42, Jun. 2023.

R. Siagian, “Pengaruh Pola Deteriorasi Heterogen Spasial Terhadap Kekuatan dan Daktilitas Pilar Jembatan Beton Bertulang yang Terkorosi”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 28–32, Jun. 2023.

R. Sianturi and R. L. Sianturi, “Optimasi Parameter Material untuk Simulasi Pemotongan Ortogonal AISI4140 pada Berbagai Kondisi Tempering”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 43–48, Jun. 2023.

R. L. Sianturi, “Eksperimental Dan Simulasi Transien Suhu Pahat Pada Pemotong Intan Selama Pemesinan Ti-6Al-4V”, JuKSIT, vol. 1, no. 2, pp. 33–36, Jun. 2023.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Siahaan, S. (2023). Perbandingan Kompresi File Audio Menggunakan Algoritma Fibonacci Dan Algoritma Invert Elias Delta . Jurnal Media Informatika, 5(1), 32-44. https://doi.org/10.55338/jumin.v5i1.2201