Analisis Bentuk Musik dan Makna Nyanyian Lagu Above the Hills of Times

Authors

  • Elfrida Yuliana Simamora Universitas Sumatera Utara
  • Mauly Purba Universitas Sumatera Utara

Keywords:

Analisis, Bentuk Musik, Makna

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk musik dan variasi melodi pada karya ini. Berdasarkan hal tersebut peneliti memandang perlu untuk mengkaji lebih dalam lagi mengenai Bentuk Musik dan Makna Above the Hills of Times. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh melalui tahap observasi dan wawancara. Data yang digunakan telah direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulannya sebagai sebuah hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karya Above the Hills of Times merupakan Nyanyian Lagu Rohani Klasik dengan menggunakan bentuk musik yaitu elemen-elemen musik dan istilah-istilah musik. Variasi melodi terjadi pada melodi utama yang dikembangkan disetiap tema yang terdapat dalam bagian dari bentuk musik lagu ini yang diolah dengan berbagai macam Teknik. Adapun makna nyanyian Lagu yaitu Denotasi adalah makna sebenarnya yang sesuai dengan makna kamus, sedangkan konotasi adalah makna ganda yang lahir dari pengalaman kultural ataupun personal. Teori yang menjelaskan tentang denotasi dan konotasi dalam semiotika adalah teori yang dikemukakan oleh Roland Barthes pada tahun 1977.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alya, R. 2020. "Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Parasite". Program Sarjana Universitas Sumatera Utara: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Kawakami, Genichi. 1975. Arrangging Popular Music : A Practical Guide, Yamaha Music Foundation, Tokyo, Japan.

Prier sj, Karl-Edmund. 2004. Ilmu Bentuk Musik, Pusat Musik Liturgi, Yogyakarta.

Stein, Leon. 1979. Structure and Style: The Study and Analysis of Musical Forms.Summy- Birchard Music, New Jersey.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Yuliana Simamora, E. ., & Purba, M. . (2024). Analisis Bentuk Musik dan Makna Nyanyian Lagu Above the Hills of Times. Jurnal Media Informatika, 5(2), 138-144. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin/article/view/3440